Thursday

Pasar Loak : Comboran

Merujuk nama comboran, maka semua orang di Malang akan teringat pasar barang bekas/loak terbesar di kota ini. Sebenarnya Comboran sendiri meliputi area yg cukup luas dan terdiri dari beberapa bagian. Bagian di sini maksudnya terkelompokkan beberapa lapak yg sama /identik jualannya Oke, akan saya bahas satu persatu.

1. Jl Prof. Moh. Yamin Atau lebih dikenal dgn 'kidul pasar'. Terletak di bagian selatan pasar besar, maka itu disebut kidul pasar merujuk lokasinya.
Area ini pun disebut comboran oleh orang2, namun yg disini khusus utk para penjual sepeda pancal.
Segala jenis sepeda ada, dari mulai onthel, city bike, roadbike, balap sampai sepeda gunung. Ada sedikit pelu diperhatikan, yaitu banyak sepeda yg direkondisi disini. Jadi sepeda2 bekas yg masuk kesini direkondisi, entah itu dicat ulang, diberi stiker atau pernik2 kinclong.
Meski begitu ada pula sepeda2 bekas yg non rekondisi, yg memang asli. Jadi bisa ditemukan polygon asli dan polygon kw (cm tempelan stiker saja polygon). Cuma yg asli jarang ada, dan biasanya mahal. Di sini jika berminat beli sepeda , pintar2lah menawar serta mengenali sebaik mungkin sepeda yg akan dibeli.
Kadang beberapa pelapak menawarkan harga yg kurang masuk akal, tapi ya begitulah namanya orang jualan, hehe.
Pasar baru yg nyaris terbengkalai, dulunya sebelum diperbarui masih dipakai, skrg tampak mangkrak.

2. Jalan Sartono SH.
Dari Moh Yamin, lurus sampai pertigaan, dan lurus lagi , maka anda akan masuk jalan Sartono SH , yg masih masuk area comboran.
Disini anda bisa menemukan penjual eletronik bekas smp Tk Obat. Mencari kaos murah ? baju seken import? eletronik spt audio, part komputer? cobalah kesini
Yg unik , disini ada penjual obat alternatif kelas ekstrim, spt salep bulus, salep lintah, salep kulit ular hingga kalajengking. Jika beruntung , anda bisa ketemu peramal jalanan yg membuka lapak.
Batasan area ini adalah jembatan kota lama. Di seberang jembatan sebenarnya masih ada, namun tak banyak , dan kebanyakan penjual sepatu.
Mencari peralatan tukang, elpiji bekas, atau jam tangan murah? jelajahi area ini.

3. Jalan Irian Jaya
Comboran di area ini mengkhususkan diri pada kendaraan motor.
Segala part sepeda motor ada disini, dari yg bekas hingga yg baru. Mencari helm? striping?velg? larilah kesini. Jadi dari Moh Yamin, pertigaan ambil belok kanan setelah jomplangan sepur.

Yang cukup legendaris di sini adalah penjual pangsit murah. Dgn harga 3500, porsi yg banyak, buka dari pagi jam 7 , tak perlu khawatir kelaparan manakala pagi jalan2 ke comboran. Di bagian belakang deretan lapak2 ini, bisa ditemukan penjual barang antik spt keris, akik, dan kaset jadul, serta beberapa penjual sepatu bekas rekondisi.

4. Jalan Halmahera 
berbatasan dgn irian jaya, kawasan ini cukup unik karena para pelapak berada di pinggiran rel kereta api yg masih aktif digunakan. Pemandangan unik bisa anda dapatkan manakala kereta lewat, hehehe
Di sini ada penjual part komputer, minyak wangi,kabel, buku bekas, sepatu bekas, alat pancing dan sebagian besar : Handphone. Jadi bila anda mencari part utk kanibalan maupun HP bekas, larilah ke sini. Selain itu ada penjual part mesin spt roller, crank dan silinder.
Jika beruntung, anda bisa mendapatkan barang bagus dgn harga murah.
Paling sial barang yg dibeli ternyata rusak total.

COmboran bisa menjadi alternatif manakala ada keperluan akan suatu barang yg sulit diperoleh, atau mencari barang2 unik.
Dulu selain tempat berjualan barang, comboran seringkali menjadi area praktik pesulap dadakan, pokoknya aneh2lah. 

Ya begitulah sekilas mengenai comboran. Post ini sekaligus memperbarui posting ttg comboran sebelumnya : Comboran

7 comments:

  1. Menarik aritikel yang disertai foto asli. terimakasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  2. Apdet terus mas, seneng lop yen pembahasane mengulas bangunan2 lawas seng sek bertahan di ngalam

    ReplyDelete
  3. Apdet terus mas, seneng lop yen pembahasane mengulas bangunan2 lawas seng sek bertahan di ngalam

    ReplyDelete
  4. Comboran diambil dari kata nyombor. Nyombor artinya kuda yang sedang buang hajat. Sebab jaman dulu, Comboran adalah terminal dokar (kereta kuda). Comboran jaman dulu sangat kumuh, dengan bau dari sayuran busuk buangan dari pasar, serta bau dari kotoran kuda.

    ReplyDelete
  5. Bos di comboran malang katanya ada jual kolom besi bekas. Ato biasa di sebut tiang pondasi rumah sudah rangkaian tapi dari besi bekas. Klo ada tlong info lokasinya.

    ReplyDelete
  6. Bos di comboran malang katanya ada jual kolom besi bekas. Ato biasa di sebut tiang pondasi rumah sudah rangkaian tapi dari besi bekas. Klo ada tlong info lokasinya.

    ReplyDelete
  7. kalo onderdil mobil sebelah mana ya??

    ReplyDelete